Target 10 Jurnal Terindek Scopus Pada Tahun 2027: UIN Sunan Gunung Djati Bandung Gelar Workshop Evaluasi Diri untuk Dorong Jurnal Terindeks Scopus

Pada hari Senin, 20 November 2023, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Sunan Gunung Djati Bandung bersama Rumah Jurnal UIN Sunan Gunung Djati Bandung berhasil menyelenggarakan Workshop denan tajuk “Evaluasi Diri Submit Jurnal Terindeks Scopus.” Kegiatan ini merupakan langkah strategis yang sejalan dengan target Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag., Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung Periode (2023-2027), yang memiliki ambisi untuk memiliki 10 jurnal terindeks Scopus pada tahun 2027. Saat ini, sudah tercapai 2 jurnal yang berhasil meraih indeks Scopus.

Acara yang berlangsung di Gedung Lecture Hall Kampus I UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jl. AH. Nasution No. 105 Bandung ini di buka oleh Dr. H. Setia Gumilar, M.Si., Ketua LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya evaluasi diri dalam pengembangan jurnal ilmiah yang berkualitas.

Deni Miharja, Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan (Kapuslipen) LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung menyampaikan kondisi objektif. Khususnya, jurnal-jurnal potensial index Scopus. Saat ini, ada 91 jurnal ilmiah, 59 terakreditasi nasional, 18 jurnal Sinta 2, dan 2 jurnal terindeks Scopus. “Kami menyiapkan bantuan untuk peningkatan jurnal,” ujar Kapuslitpen.

Narasumber utama pada workshop ini adalah Siti Mutrofin, M.Kom., seorang akademisi dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, yang telah menjadi pegiat jurnal ilmiah. Beliau memberikan wawasan dan pandangan yang berharga mengenai strategi dan kriteria untuk meningkatkan kualitas jurnal agar dapat terindeks di Scopus.

Hadir sekitar 50 orang peserta, yang terdiri dari pengelola jurnal di lingkungan Fakultas, undangan, jajaran LP2M, dan jajaran Rumah Jurnal. Keberhasilan acara ini turut diperkaya dengan kehadiran Prof. Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., salah seorang Pembina Rumah Jurnal yang diketuai oleh Hamdan Sugilar, M.Pd.

Acara dimulai pada pukul 08.30 WIB dan berlangsung dengan antusiasme yang tinggi dari para peserta. Diskusi intensif dan tanya jawab mengenai strategi, proses, dan tantangan dalam mengelola jurnal ilmiah turut memeriahkan suasana workshop.

Kegiatan ini tidak hanya menjadi wadah untuk saling bertukar pengalaman, tetapi juga menjadi momentum penting dalam memacu peningkatan kualitas jurnal ilmiah di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Semoga, dengan kerja keras dan kolaborasi yang terus-menerus, target 10 jurnal terindeks Scopus pada 2027 dapat tercapai, dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung semakin dikenal sebagai pusat penelitian dan publikasi ilmiah yang berkualitas.

id_IDIndonesian