Pengabdian Masyarakat (PKM) Internasional Dosen LSPR Institute dan Universitas Esa Unggul berkolaborasi dengan Komunitas Perempuan di Florida Amerika Serikat

Oleh: Dr. Ulani Yunus (Dosen LSPR Institute Communication and Business Jakarta)

Momentum hari Ibu di Indonesia yang jatuh pada tanggal 22 Desember dirayakan tim dosen dari Jakarta di Desa Sindangsari, Bandung dengan melibatkan komunitas perempuan Indonesia di Florida Amerika Serikat. Para dosen dari London School of Public Relations (LSPR) Institute dan Universitas Esa Unggul Jakarta turut serta dalam  pengabdian masyarakat internasional yang mengangkat tema kesetaraan gender dan kewirausahaan produktif bagi para ibu di desa tersebut. Acara yang diselenggarakan pada akhir Desember 2023.

Dengan semangat penuh dedikasi untuk memberdayakan perempuan dalam ranah ekonomi dan sosial, para dosen LSPR turut serta dalam upaya meningkatkan kesadaran akan kesetaraan gender dan memberikan keterampilan kewirausahaan kepada para ibu di Desa Sindangsari. Melalui pendekatan yang inklusif dan progresif, mereka menyampaikan pengetahuan dan keterampilan kepada ibu-ibu di desa tersebut, memberikan pandangan yang luas tentang potensi yang dimiliki oleh perempuan dalam keluarga dan dunia bisnis.

Dr. Ulani ketika menyerahkan hadiah kenangan

Salah satu aspek yang menjadi fokus utama dalam program ini adalah pemanfaatan media sosial sebagai alat untuk mengembangkan pemasaran dan bisnis para Ibu tersebut. Di era digital saat ini, media sosial telah menjadi wadah yang sangat potensial untuk memperluas jaringan, memasarkan produk, dan meningkatkan visibilitas usaha. Kegiatan PKM internasional ini juga melibatkan pembicara dari Florida Amerika Serikat yang bekerja di Disney World.  Para ibu di Desa Sindang Sari Kabupaten bandung Jawa Barat ini mendapat wawasan tentang pentingnya peran mereka dalam keluarga dan menentukan masa depan anak dan generasi selanjutnya. Mereka bukan menjadi beban keluarga, namun menjadi penentu keberhasilan anggota keluarga yang laun. Mereka mendapat keterampilan teknis dalam menggunakan platform media sosial dan juga dapat memiliki kesadaran untuk memajukan bangsa melalui keluarga yang sejahtera dan berpendidika cukup.

Dalam suasana yang penuh inspirasi, ibu-ibu di Desa Sindangsari diajak untuk memahami pentingnya kesetaraan gender dalam segala aspek kehidupan, termasuk dunia bisnis. Diskusi dan pelatihan yang interaktif membantu para peserta untuk memahami bagaimana memberdayakan diri mereka sendiri dalam menghadapi tantangan yang ada, serta memanfaatkan potensi yang dimiliki untuk meraih kesuksesan dalam kehidupan dan keluarga.

Dr. Erna ketika sharing media sosial untuk bisnis

Selain memberikan pengetahuan, acara tersebut juga menjadi wadah bagi para ibu di Desa Sindangsari untuk bertukar pengalaman dan membangun jejaring antar sesama pelaku usaha. Dengan adanya forum diskusi dan sesi tanya jawab, para peserta dapat saling bertukar ide dan strategi yang dapat membantu pertumbuhan bisnis mereka bahkan dapat ke mancanegara melalui jaringan yang dibantu tim dosen yang terlibat.

Keterlibatan dosen dari LSPR dalam kegiatan ini bukan hanya sekadar memberikan pelatihan, tetapi juga menanamkan semangat dan keyakinan bahwa setiap perempuan memiliki potensi yang luar biasa untuk mencapai kesuksesan dalam keluarga dan pengembangan usaha kecil mereka. Langkah-langkah kecil seperti ini diharapkan dapat memberikan dampak yang besar dalam membuka peluang bagi para ibu di Desa Sindangsari untuk menjadi agen perubahan dalam komunitas mereka. Melalui upaya ini, para dosen tidak hanya berperan sebagai pendidik di kampus, tetapi juga sebagai agen perubahan yang peduli dan terlibat secara aktif dalam memberdayakan masyarakat di luar lingkungan akademis. Semangat untuk mendukung kesetaraan gender dan kewirausahaan produktif bagi para ibu terus diperjuangkan, tidak hanya pada Hari Ibu, tetapi setiap hari sebagai bagian dari komitmen untuk membangun masyarakat yang lebih inklusif dan berkelanjutan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian