Mengejar QS WORLD RANKING Dengan Publikasi Ilmiah Bereputasi

Oleh: Elan Jaelani

QS World University Rankings merupakan peringkat universitas global yang diterbitkan setiap tahun oleh perusahaan pemeringkat pendidikan asal Inggris, Quacquarelli Symonds (QS). QS World University Rankings menggunakan enam indikator penilaian untuk menilai kualitas universitas, yaitu:

  • Akademik (Academic) – 40%, Mencakup reputasi akademik universitas melalui survei yang melibatkan dosen dan akademisi, serta jumlah kutipan sitasi yang diterima oleh publikasi ilmiah universitas.
  • Reputasi Pengusaha (Employer) – 10%, Mencakup reputasi universitas dari perspektif pengusaha melalui survei yang melibatkan para pengusaha.
  • Faculty/Student Ratio – 20%, Mencakup rasio jumlah dosen terhadap jumlah mahasiswa.
  • Citations per Faculty – 20%, Mencakup jumlah kutipan sitasi rata-rata yang diterima oleh publikasi ilmiah per dosen.
  • International Faculty Ratio – 5%, Mencakup persentase dosen internasional di universitas.
  • International Student Ratio – 5%, Mencakup persentase mahasiswa internasional di universitas.

Meskipun secara tidak langsung menjadi acuan pemerintah Indonesia, namun hasil survei dari QS World Ragnking ini setidaknya dapat menjadi tambahan referensi bagi stakeholder  dalam mengevaluasi dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Karena indikator penilaian yang digunakan oleh QS World ranking, secara umum sejalan dengan standar mutu pengelolaan perguruan tinggi yang sudah ditetapkan oleh pemerintah dalam mengawal kualitas perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Pemerintah Indonesia sendiri memiliki beberapa lembaga yang bertanggung jawab dalam mengawasi dan meningkatkan kualitas pendidikan, seperti Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Peringkat QS World University Rankings tentu menjadi sumber informasi yang penting bagi pemerintah Indonesia dalam mengevaluasi program-program pendidikan dan riset yang dijalankan oleh perguruan tinggi di Indonesia, dan juga memperoleh inspirasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Namun, peringkat ini tidak seharusnya menjadi satu-satunya faktor yang digunakan untuk mengevaluasi kualitas pendidikan, karena ada banyak faktor lain yang harus diperhatikan seperti kebutuhan lokal, budaya, dan kebijakan pendidikan nasional.

Peran Penting Publikasi Ilmiah

Publikasi ilmiah memiliki peran penting dalam peningkatan QS World Ranking. QS World University Rankings mengevaluasi kinerja universitas berdasarkan beberapa faktor, termasuk jumlah publikasi ilmiah yang dihasilkan dan citasi yang diterima oleh publikasi tersebut. Semakin banyak publikasi ilmiah yang dihasilkan dan semakin banyak citasi yang diterima, semakin tinggi peringkat universitas di QS World Ranking. Selain itu, publikasi ilmiah juga membantu universitas untuk memperoleh dana penelitian dan kolaborasi internasional. Universitas yang memiliki reputasi akademik yang baik dan sering mempublikasikan hasil penelitian yang relevan dan berkualitas cenderung menarik minat investor dan perusahaan, yang kemudian dapat meningkatkan pendanaan dan pengembangan program-program akademik.

Kriteria Publikasi Ilmiah 

Ada beberapa jenis publikasi ilmiah yang berpengaruh terhadap QS World Ranking, di antaranya:

  • Jurnal Internasional Terindeks: QS World Ranking memperhitungkan jumlah publikasi universitas di jurnal internasional yang terindeks. Jurnal internasional yang terindeks dapat ditemukan di basis data seperti Scopus, Web of Science, dan lain-lain.
  • Buku: Publikasi buku oleh fakultas dan peneliti universitas juga dapat mempengaruhi peringkat QS World Ranking. QS World Ranking mengevaluasi jumlah buku yang diterbitkan oleh fakultas dan peneliti universitas dalam rentang waktu lima tahun terakhir.
  • Artikel dalam Proceedings Konferensi Internasional: QS World Ranking juga mengevaluasi jumlah artikel yang dipresentasikan di konferensi internasional.
  • Citasi: Citasi dalam publikasi ilmiah juga memainkan peran penting dalam peringkat QS World Ranking. QS World Ranking mengevaluasi jumlah sitasi yang diterima oleh publikasi universitas dalam rentang waktu lima tahun terakhir.

Langkah Kongkrit Bagi Perguruan Tinggi 

Berikut adalah beberapa langkah konkret yang bisa dilakukan oleh civitas akademika untuk meningkatkan peringkat QS World Ranking:

  • Meningkatkan kualitas penelitian: QS World Ranking memberikan bobot yang tinggi untuk kualitas penelitian yang dilakukan di universitas. Oleh karena itu, civitas akademika perlu fokus pada peningkatan kualitas penelitian yang dilakukan. Hal ini bisa dilakukan dengan mengadakan penelitian yang berkualitas, mendorong publikasi ilmiah, dan bekerja sama dengan para peneliti internasional.
  • Meningkatkan kualitas pengajaran: QS World Ranking juga menilai kualitas pengajaran yang diberikan oleh universitas. Civitas akademika bisa meningkatkan kualitas pengajaran dengan mengadakan program pelatihan bagi dosen, menggunakan metode pengajaran yang inovatif, dan memberikan pelayanan pendidikan yang baik kepada mahasiswa.
  • Meningkatkan jumlah publikasi ilmiah: QS World Ranking memberikan nilai yang tinggi untuk jumlah publikasi ilmiah yang dihasilkan oleh universitas. Oleh karena itu, civitas akademika perlu mendorong para dosen dan peneliti untuk melakukan publikasi ilmiah secara aktif.
  • Meningkatkan kualitas layanan dan fasilitas: QS World Ranking juga menilai kualitas layanan dan fasilitas yang disediakan oleh universitas. Civitas akademika bisa meningkatkan kualitas layanan dan fasilitas dengan memberikan layanan dan fasilitas yang memadai kepada mahasiswa dan dosen.
  • Meningkatkan kerjasama internasional: QS World Ranking memberikan nilai yang tinggi untuk kerjasama internasional yang dilakukan oleh universitas. Civitas akademika bisa meningkatkan kerjasama internasional dengan menjalin kemitraan dengan universitas-universitas terkemuka di dunia, mengirimkan mahasiswa dan dosen untuk belajar atau mengajar di universitas luar negeri, serta mengadakan kegiatan yang melibatkan para peneliti atau dosen internasional.

Sumber:

Ghani, F. A., & Halim, H. A. (2019). Publication Productivity and Citations: A QS World University Ranking Perspective. Malaysian Journal of Library & Information Science, 24(3), 91-108

https://www.topuniversities.com/qs-world-university-rankings/methodology

QS World University Rankings. (2022). Methodology: Academic reputation, employer reputation, and research impact. https://www.topuniversities.com/qs-world-university-rankings/methodology-academic-reputation-employer-reputation-research-impact

QS World University Rankings. (n.d.). Methodology. Diakses pada 21 April 2023, dari https://www.topuniversities.com/qs-world-university-rankings/methodology

Nasution, I. Fadhillah, & F. A. Tanjung. (2021). Meningkatkan Peringkat QS World University Ranking Melalui Kebijakan Universitas. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (SNP) 2021, 137-142.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian