Mahasiswa Membutuhkan Bimbingan Intensif dalam Menulis Karya Tulis Ilmiah

Sebuah survei yang dilakukan oleh Prof. Dr. Wahyudi Darmalaksana, M.Ag, salah seorang Founder Kelas Menulis dan Pembina Rumah Jurnal UIN Sunan Gunung Djati Bandung, mengungkapkan hasil menarik terkait kebutuhan mahasiswa dalam pembelajaran penulisan karya tulis ilmiah. Survei tersebut dilaksanakan pada tanggal 26-28 November 2023, dengan melibatkan sejumlah mahasiswa di lingkungan kampus.

Dalam hasil survei yang diumumkan, mayoritas mahasiswa menunjukkan kebutuhan yang signifikan terhadap bimbingan dalam beberapa aspek penulisan karya tulis ilmiah. Berdasarkan grafik yang terlampir, beberapa poin utama muncul sebagai fokus utama dalam pembelajaran penulisan:

Latar Belakang Penelitian

Mahasiswa menempatkan latar belakang penelitian sebagai prioritas utama yang membutuhkan bimbingan. Hal ini menunjukkan adanya kesulitan atau kebingungan dalam menyusun latar belakang penelitian yang kuat dan relevan.

Penetuan Topik

Penetuan topik menjadi hal kedua yang paling banyak memerlukan bimbingan. Mahasiswa mengindikasikan bahwa mereka membutuhkan panduan lebih lanjut dalam memilih topik yang sesuai dengan bidang studi dan minat mereka.

Rumusan Permasalahan

Rumusan permasalahan juga menjadi fokus utama, meskipun dalam proporsi yang lebih kecil. Mahasiswa mengakui kesulitan dalam merumuskan permasalahan penelitian yang relevan dan terfokus.

Hasil Riset Penelitian Terdahulu

Hasil riset penelitian terdahulu memerlukan bimbingan lebih lanjut, menurut sebagian mahasiswa. Mungkin ada kebingungan terkait cara mengintegrasikan hasil penelitian terdahulu ke dalam karya tulis mereka.

Selain empat poin utama di atas, survei juga mencatat bahwa mahasiswa juga menginginkan bimbingan terkait tujuan penelitian, manfaat penelitian, kata kunci, dan aspek-aspek lain yang berkaitan dengan penulisan karya tulis ilmiah.

Dengan adanya hasil survei ini semoga menjadi menjadi dasar penting dalam pengembangan program pembelajaran penulisan karya tulis ilmiah pada tingkat mahasiswa (S1). Tentu dengan mengintegrasikan temuan ini ke dalam kurikulum akan memberikan dampak dan pola bimbingan yang lebih baik kepada mahasiswa dalam menulis karya tulis ilmiah.

Sumber : https://www.yudidarma.id/2023/11/survei-kebutuhan-pembelajaran-penulisan.html

id_IDIndonesian