Magister Teknologi Pendidikan Menjawab Peraturan Mendikbud Ristek (Permendikbud Ristek) Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.“

Pada kesempatan ini, Program Magister Teknologi Pendidikan menyelenggarakan sebuah acara penting yang dihadiri oleh berbagai pakar dan pejabat terkait untuk menanggapi Pasal 19 Permendikbudristek No. 53 Tahun 2023, yang menyebutkan tugas akhir mahasiswa melalui prototipe dan publikasi karya ilmiah terindeks.

Ketua Program Magister Teknologi Pendidikan, Prof. Dr. Zainal Abidin Airef, menghadiri acara tersebut. Untuk membuka acara, dia menjelaskan pentingnya inovasi dalam tugas akhir mahasiswa, yang sekarang dapat berupa tesis dan prototipe yang dapat digunakan. Perubahan ini bertujuan untuk lebih mendekatkan dunia akademik dengan kebutuhan bisnis dan masyarakat, sehingga lulusan memiliki kompetensi yang relevan dan siap diterapkan, kata Prof. Zainal.

Selain itu, Dr. Rudi Hartono, M.Pd., Sekretaris Program Studi, memberikan komentarnya. Menurutnya, penerapan tugas akhir prototipe ini akan membantu siswa memperoleh keterampilan praktis untuk menyelesaikan masalah pendidikan yang sebenarnya. Dr. Rudi juga menggarisbawahi betapa pentingnya publikasi karya ilmiah yang terindeks sebagai kontribusi akademik yang diakui secara internasional.

Selain itu, Dr. Teuku Amir, Kepala UPT Publikasi Karya Ilmiah, berbicara tentang prosedur dan pendekatan yang efektif untuk mempublikasikan karya ilmiah. Dr. Teuku menjelaskan bahwa pihaknya siap membantu mahasiswa mencapai standar publikasi yang diakui secara global, termasuk bimbingan dalam penulisan dan pemilihan jurnal yang tepat.

Dr. Widyasari, seorang pakar pendidikan, juga memberikan pendapat kritisnya tentang bagaimana Permendikbudristek No. 53 Tahun 2023 harus diterapkan. Inovasi prototipe adalah langkah maju yang dapat membantu pembelajaran berbasis proyek. Dr. Widyasari juga menekankan bahwa publikasi karya ilmiah akan meningkatkan visibilitas dan kredibilitas baik siswa maupun institusi.

Selain itu, Asrul, S.Kom, staf tata usaha program studi, memberikan informasi teknis tentang alur administrasi dan dukungan yang diberikan kepada mahasiswa untuk menyusun dan menyelesaikan tugas akhir mereka.

Dalam acara ini, Program Magister Teknologi Pendidikan menunjukkan komitmennya untuk terus mengubah dan meningkatkan kualitas pendidikan sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah. Para peserta diharapkan dapat mengambil manfaat dari pembicaraan ini dan mempersiapkan diri untuk menghasilkan karya akhir yang kreatif dan bermanfaat bagi masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian