Prodi Ilmu Komunikasi UNIDA GONTOR Bekali Keterampilan Public Speaking, Personal Branding, dan Public Relations Bagi SMKN

Komunikasi mempunyai banyak sekali tujuan dan maksud, baik untuk menunjukkan eksistensi diri, untuk memberikan informasi, memberikan motivasi, membangun jaringan kerjasama maupun dalam rangka untuk mempengaruhi seseorang agar mengikuti pesan komunikasi yang disampaikan. Kemampuan berkomunikasi yang baik juga sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Dibutuhkan komunikasi yang baik pada saat presentasi, bernegosiasi serta dalam menjalin kerjasama profesional serta kemampuan membangun personal branding.

Wajar jika pada saat presentasi atau berkomunikasi dihadapan banyak orang, seseorang mengalami gugup, grogi, dan tidak percaya diri. Untuk mengatasi hal-hal tersebut yang perlu dilakukan adalah melatih kemampuan berbicara (public speaking) dihadapan banyak orang dan juga membangun personal branding atau citra positif diri agar dikenal oleh masyarakat secara positif sehingga timbul kepercayaan yang selanjutnya dapat menjalin hubungan atau membangun jaringan kerja sama dengan orang lain.

Oleh karena itu, untuk membekali peserta didik dengan kemapuan public speaking, personal branding dan strategi public relations, SMKN 1 Jenangan, Ponorogo, Jawa Timur bekerjasama dengan Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi UNIDA Gontor mengadakan kegiatan pelatihan public speaking, personal branding, dan public relations. Materi yang diberikan pada pelatihan ini juga merupakan salah satu materi dalam mata pelajaran baru yaitu Mata Pelajaran Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). P5 merupakan mata pelajaran baru dalam Kurikulum Merdeka. Penambahan Mata Pelajaran P5 dalam Kurikulum Merdeka ini diharapkan dapat membentuk karakter pelajar yang lebih baik sejalan dengan nilai-nilai Pancasila serta menjadi bekal bagi pelajar dalam membangun dan mengembangkan hubungan sosial, baik di dunia kerja maupun di masyarakat.

Pelatihan public speaking, personal branding, dan public relations berlangsung selama 4 hari, sejak hari Senin, 26 Februari 2024 hingga Kamis, 29 Februari 2024 di Aula SMKN 1 Jenangan, Ponorogo, Jawa Timur. Selama pelatihan berlangsung, peserta didik diberikan materi cara membangun personal branding oleh Veri Setiawan, M.I.Kom., latihan berbicara di depan banyak orang, membawakan diri ketika berbicara, intonasi pada saat berbicara, membangun komunikasi dengan audience oleh Nurhana Marantika, M.A., dan teknik Public Relations Perusahaan oleh Bambang Setyo Utomo, M.I.Kom.

Disampaikan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Oediyananingsih, S.Pd. bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dalam membangun personal branding, kemampuan public speaking serta teknik public relations agar peserta didik mempunyai bekal dalam mempersiapkan dan mengembangkan karir di masa depan. Personal branding dan public speaking merupakan kemampuan khusus yang penting untuk dikuasai karena dapat meningkatkan kualitas diri seseorang sehingga menambah bergaining dalam sengitnya kompetisi karir. Selain itu, jika seseorang menguasai personal branding dan public speaking diharapkan dapat menambah citra positif diri sehingga berimplikasi pada luasnya kesempatan dalam memperoleh pekerjaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish