Dr. Opan Arifudin, M.Pd: Pemikir dan Pelaku Unggul di Dunia Pendidikan Dengan Koleksi 9500 Sitasi

Dr. Opan Arifudin, M.Pd, adalah seorang akademisi yang telah menorehkan prestasi gemilang di dunia pendidikan. Lahir di Subang pada 17 Juli 1991, dari pasangan (alm) Omang Awaludin dan Nawangsih, Opan menunjukkan minat dan semangatnya di bidang pendidikan sejak dini. Setelah menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah di Subang, Opan melanjutkan perjalanan pendidikannya ke tingkat yang lebih tinggi, meraih gelar sarjana, magister, dan doktor di Universitas Islam Nusantara (UNINUS) Bandung.

Sebagai seorang dosen tetap di Universitas Primagraha, Opan tidak hanya menjalankan tugas pengajaran, tetapi juga terlibat aktif dalam penelitian, penulisan, dan konsultasi di perguruan tinggi. Keahliannya meliputi wilayah Manajemen Pendidikan, Ilmu Pendidikan, dan Administrasi Pendidikan.

Pencapaian luar biasa Dr. Opan tidak hanya terbatas pada lingkup akademis. Sebagai penulis berlisensi Badan Nasional Standarisasi Profesi (BNSP) dan penulis reguler di koran harian Pasundan Ekspres, ia menyuarakan pemikirannya melalui artikel-artikel yang mencakup topik-topik penting seperti Manajemen Perguruan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0, Peran Desa dalam Pengembangan Wisata, dan Perilaku Konsumen di Tengah Pandemi Corona.

Namun, bukan hanya di media massa, Dr. Opan juga aktif dalam penulisan buku. Karya-karyanya, seperti “Eksistensi Bisnis Islami di Era Revolusi Industri 4.0,” “Manajemen Humas Sekolah,” dan “Kepemimpinan di Era Digitalisasi,” mencerminkan kontribusinya dalam menyebarkan wawasan mendalam mengenai topik-topik krusial.

Berdasarkan hasil pemantauan dari akun google scholar, tercatat puluhan publikasi lain dalam bentuk buku, jurnal ilmiah, konferensi dan lainnya dengan sitasi lebih dari 9.500 kutipan, tentu ini pencapaian yang sangat luar biasa dan merupakan bukti dari kontribus nyata yang telah dihasilkan lewat tulisan-tulisannya.

Berkat tulisan ilmiahnya yang sudah terbit baik dalam bentuj jurnal, hasil konferensi ataupun dalam bentuk huku, menghantarkan Dr. Opan sebagai 20 Ilmuwan Terbaik di Indonesia Versi AD Scientific Index. Selain menjadi penulis dan akademisi, Dr. Opan Arifudin, M.Pd juga terlibat dalam kegiatan konsultasi, mendampingi beberapa desa di Kabupaten Subang dalam pembangunan Desa Wisata. Hal ini menunjukkan bagaimana ilmu dan pengetahuan yang dimilikinya diaplikasikan untuk memberdayakan masyarakat lokal.

Dengan dedikasi dan kontribusinya yang tak terbantahkan dalam dunia pendidikan, Dr. Opan Arifudin, M.Pd, menjadi sosok yang inspiratif, menciptakan landasan kuat bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan di Indonesia.

id_IDIndonesian