Dr. Lucky Nugroho, SE, MM, M.Ak., MCM: Akademisi dan Praktisi Unggul di Bidang Keuangan dan Perbankan Syariah

Sebagai seorang akademisi sekaligus praktisi di bidang keuangan dan perbankan syariah, Dr. Lucky Nugroho, SE, MM, M.Ak., MCM, telah mencatat prestasi yang luar biasa sepanjang karir. Lahir di Jakarta pada 21 Desember 1979, Dr. Lucky Nugroho menempuh pendidikan dari sarjana hingga doktor dengan fokus pada bidang ekonomi, manajemen, dan akuntansi syariah.

Setelah menyelesaikan gelar S1 Sarjana Ekonomi di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia pada tahun 2001, Dr. Lucky Nugroho melanjutkan pendidikan magister dengan meraih gelar Magister Manajemen dari Universitas Trisakti pada tahun 2011. Pencapaian pendidikan selanjutnya adalah gelar Magister Akuntansi dengan konsentrasi Akuntansi Syariah dari Universitas Padjadjaran Bandung pada tahun 2014, dan Advance Master Microfinance dari Universite Libre de Bruxelles-Solvay Brussels School of Economic and Management, Belgia pada tahun 2015.

Dengan dedikasinya terhadap pengetahuan dan pengembangan ilmu, Dr. Lucky Nugroho juga mengejar gelar Pascasarjana dari Erasmus University Rotterdam pada tahun 2016 dengan konsentrasi Pembangunan Ekonomi Lokal Berkelanjutan. Puncak dari perjalanan akademisnya adalah meraih gelar doktor pada bidang Islamic Economics and Finance (IEF) dari Universitas Trisakti pada September 2021 dengan konsentrasi perbankan syariah.

Keberhasilan akademis Dr. Lucky Nugroho juga tercermin dari produktivitasnya dalam menulis karya ilmiah. Melalui laporan Google Scholar, tercatat bahwa sejak tahun 2018, semua publikasi ilmiahnya telah dikutip sebanyak 4047 kali. Karya tulisnya meliputi buku dan artikel ilmiah yang diterbitkan di jurnal-jurnal bereputasi, membuktikan kontribusinya yang signifikan dalam pengembangan keilmuan di bidang keuangan dan perbankan syariah.

Saat ini, Dr. Lucky Nugroho menjabat sebagai staf pengajar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana, Jakarta sejak tahun 2015. Selain aktif di dunia akademis, ia juga telah mengukir jejak sebagai seorang praktisi perbankan. Lucky Nugroho memulai karir di Bank Rakyat Indonesia dari tahun 2002 hingga 2009. Sejak tahun 2009 hingga saat ini, ia tetap aktif sebagai Learning Consultant Retail Segment di bank syariah, terutama di Bank Mandiri Syariah (BSM) dan Bank Syariah Indonesia (BSI) sejak Februari 2021, menjabat sebagai Senior Officer di Assets and Liabilities Management (ALM).

Selain berkontribusi dalam pengembangan ilmu dan praktik perbankan syariah, Dr. Lucky Nugroho juga aktif sebagai pengurus dalam Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) Komisariat Universitas Mercu Buana dan Ikatan Dosen Republik Indonesia (IDRI) wilayah Jakarta. Pemikiran dan dedikasi yang luar biasa dari Dr. Lucky Nugroho tidak hanya menjadi inspirasi bagi mahasiswa dan rekan sejawatnya, tetapi juga memberikan kontribusi positif bagi perkembangan ilmu ekonomi Islam di Indonesia.

id_IDIndonesian