Dr. Josina A. Yvonne Wattimena: Pakar Hukum Internasional Dari Timur Indonesia

Dr. Josina A. Yvonne Wattimena, S.H., LL.M. adalah seorang dosen, penulis sekaligus seorang organisatoris yang berkarisma, Dr. Wattimena telah mengukir prestasi luar biasa dalam mengembangkan kajian ilmu hukum internasional. Mari kita telusuri kisah inspiratif yang membuatnya dikenal sebagai seorang pakar.

Dr. Wattimena, tidak hanya menjadi pakar hukum internasional yang berdedikasi, namun juga seorang pemimpin yang memiliki sikap dan pandangan yang visioner. Sebagai Ketua Bagian Hukum Internasional periode 2020-2024 di Universitas Pattimura, ia tidak hanya mengajar, tetapi juga memberikan arahan penting bagi masa depan hukum internasional di Indonesia.

Namanya tidak hanya dikenal dalam ruang kelas, tetapi juga melalui karya-karyanya yang memikat publik. Dalam buku-bukunya, seperti “Hukum Internasional Mengenai Pengaturan Pulau Terluar di Indonesia,” Dr. Wattimena merangkum kebijaksanaan hukum yang relevan dengan keberadaan pulau-pulau terluar negara ini. Kiprahnya juga mencakup bidang Hukum Laut Internasional dan Hukum Humaniter Internasional, menjadikannya sebagai salah satu pemikir utama dalam lapangan ini.

Tidak hanya itu, Dr. Wattimena turut memainkan peran dalam mengembangkan kajian ilmu hukum internasional melalui aktifitas editorialnya. Sebagai editor ahli di jurnal-jurnal bergengsi seperti Aiwadhu, Balobe, PAMALI, Tatohi, dan Bacarita, serta redaktur di jurnal PAMALI untuk Program Magister Ilmu Hukum Pascasarjana Unpatti, ia telah menempatkan dirinya di pusat dialog intelektual.

Namun, kehebatan Dr. Wattimena tidak terhenti di situ. Sebagai narasumber yang sering diundang oleh Kementerian dan Lembaga, ia membawa semangatnya yang memikat ke panggung publik. Keberaniannya dalam menyuarakan pandangan dan gagasannya menjadi inspirasi bagi banyak yang ingin memahami kompleksitas hukum internasional.

Tidak hanya berbicara di depan umum, Dr. Wattimena juga aktif disejumlah forum internasional, Partisipasinya dalam kursus dan pelatihan yang diadakan oleh International Committee of the Red Cross (ICRC) dan South East European Law School Initiative (SLEEI) adalah bukti konkret komitmennya untuk menjelajahi isu-isu hukum global terkini.

Dengan semua prestasi dan kontribusinya, Dr. Josina A. Yvonne Wattimena muncul sebagai dosen yang dikenal seagai seorang pakar hukum internasional. Ia tidak hanya mencerahkan jalur hukum global melalui pengetahuannya yang mendalam, tetapi juga memberikan inspirasi kepada generasi muda yang ingin meniti jejaknya dalam lautan ilmu hukum internasional.

id_IDIndonesian