Dosen FTI Universitas BSI sampaikan Pemanfaatan penggunaan ChatGPT dalam Pembelajaran

Setiap universitas mempunyai kewajiban menyelenggarakan Tridharma Perguruan tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian & Pengabdian Masyarakat yang tertuang dalam Undang-undang No.12 tahun 2012 ayat 9.

Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) dalam naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) di setiap semesternya mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat. Lembaga ini mengatur perencanaan & pelaksanaannya sampai dengan mengevaluasi kegiatan Pengabdian Masyarakat yang telah dilakukan oleh civitas akademika Universitas Bina Sarana Informatika.

Diharapkan kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dapat membentuk suatu kepedulian terhadap sesama dengan mengimplementasikan ilmu yang kami punya untuk diberikan tanpa imbalan apapun.

Kegiatan pengabdian Masyarakat Dosen FTI Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) pada semester semester ganjil 2023/2024 ini dilaksanakan di perguruan silat Walet Puti yang berlokasi dalam perumahan Lembah Pinus Sasmita B II Rt.03 Rw.24, Pamulang Kota, Tangerang Selatan, Banten. Peserta kegiatan ini terdiri dari 20 anak dengan kisaran umur 7-12 tahun, 4 dosen Bina Sarana Informatika dan 3 mahasiswa dari Fakultas Ilmu Teknologi Bina Sarana Informatika. Materi yang diberikan adalah Pelatihan Tutorial cara pembuatan akun ChatGPT dan pemanfaatannya dalam pembelajaran. Seperti yang kita ketahui kurikulum merdeka memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk melakukan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar mereka, dengan kurikulum ini diharapkan peserta Didik terlatih untuk mengemukakan pendapat, lebih kreatif, lebih kritis dan dan termotivasi dalam menyelesaikan tantangan pembelajaran yang dihadapi.

dalam melaksanakan Pengabdian Masyarakat kali ini, kami sebelumnya melakukan diskusi dengan mitra seputar kendala dalam kegiatan yang dilakukan para pesilat di Walet puti, kemudian kami menyepakati untuk mengadakan tutorial membuat akun ChatGPT dan pemanfaataannya dalam pembelajaran, sehingga para peserta yang kehilangan waktu belajarnya karena mengikuti Latihan silat dapat teratasi dengan bantuan ChatGPT. Kami juga menyediakan modul yang dibagikan kepada peserta pelatihan Tutorial pembuatan akun ChatGPT ini agar memudahkan mereka dalam mempelajari dan menelisik kembali ketika lupa caranya. Ujar Sepriandi Parningotan, selaku panitia dan Dosen FTI Universitas BSI.

id_IDIndonesian